Wednesday, January 6, 2010

Managemen strategis

Dalam perusahaan yang terpenting adalah harus memiliki visi dan misi, setelah itu barulah perusahaan menentukan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang, setelah itu perusahaan menggeneralisasikan, mengevaluasi, dan memilih strategi yang akan diterapkan, setelah itu perusahaan mengimplementasikannya dengan isu manajemen yang terkait, lalu mengimplementasikan dengan kegiatan pemasaran, akunting Dan langkah terakhir adalah perusahaan mengukur dan mengevaluasi strategi yang dipakai.

Manajemen adalah suatu proses kegiatan pencapaian tujuan mellaui kerjasama antar manusia. Dalam suatu perusahaan banyakyang menerangkan antara perlu tidaknya dengan suatu manajemen strategis

Peranan suatu manajemen strategis :
1. formulasi strategi --> internal ( pemilik, manajemen), --> eksternal (konsultan)
2. implementasi strategi--> seluruh personel
3. evaluasi strategi--> bawahan dievaluasi oleh atasan

fungsi manajemen strategis :
* finansial :
1. meningkatkan sales
2. meningkatkan produktifitas
3. meningkatkan profitabilitas
* non finansial :
1. mengetahui strategi pesaing
2. meningkatkan kesadaran akan ancaman
3. mengurangi resistensi perubahan
4. meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
- alasan perusahaan tidak menggunakan manajemen strategik :
1. gaji yang rendah
2. kemalasan
3. biaya yang banyak
4. waktu yang lama
5. pemadaman masalah
6. terlalu percaya diri
7. sudah puas dengan kesuksesan
8. takut gagal
- fungsi tujuan bagi perusahaan :
1. sebagai motivasi
2. sebagai legitimasi
3. sebagai dasar organisasi
4. mengkhususkan dari pada misi
5. sebagai pedoman
- fungsi merger :
1. mendapatkan teknologi baru
2. mengurangi wajib pajak
3. memperoleh akses ke distributor, pelanggan, produk, pemasok, dan kreditor.
4. mengurangi personel manajerial
5. memperoleh skala ekonomis

No comments:

Post a Comment