Wednesday, March 23, 2011

Inilah Pulau Orang-Orang Gemuk

Inilah Pulau Orang-Orang Gemuk – Nauru Sohor merupakan negara kecil yang berpenduduk sekitar 10 ribu jiwa.Saat ini pulau ini jadi perbincangan hangat bagi para peneliti,bukan soal keindahan alam atau tentang keberadaan hasil bumi,melainkan tentang keunikan penduduknya yang berpostur gemuk.
Dilansir dari vivanews pulau ini sekitar 95 persen warga negaranya menderita obesitas,bahkan sebagian besar menderita diabetes.Jumlah ini berdasarkan catatan Badan Kesehatan Dunia atau WHO.
Secara historis, warga Nauru mengenal tradisi penggemukan dengan memberi makan berlebihan sejak kecil. Kegemaran masyarakat mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula juga turut andil mengantarkan Nauru sebagai negara berpenduduk gemuk terbanyak di dunia. Kondisi pun semakin buruk dengan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai gaya hidup sehat.
Untuk mengatasi ledakan obesitas ini,pemerintah setempat telah membuat program-program pelangsingan mulai dari kelas senam gratis, olahraga, seminar gizi, hingga menggelar kontes penurunan berat badan.Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan warga dari risiko penyakit terkait obesitas.
Sedikit informasi predikat yang diraih Nauru tersebut diikuti Mikronesia dengan 92 persen penduduk mengalami kelebihan berat badan, Kepulauan Cook (92%), Tonga (92%), Niue (84%), Samoa (83%), Palau (81%), Amerika Serikat (79%), Kiribati (77%), dan Dominika (76%).

sumber :
- http://www.harianberita.com/inilah-pulau-orang-orang-gemuk.html

No comments:

Post a Comment