Tuesday, April 3, 2012

Managemen strategis

PERENCANAAN STRATEGIS
• Perencanaan:
Proses untuk menentukan sasaran organisasi & menetapkan cara untuk mencapainya
• Perencanaan strategis:
Proses untuk menetapkan sasaran organisasi pada jangka waktu yang cukup panjang serta langkah atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut

STRATEGI (DEFINISI)
• Mengenai apa yang diinginkan organisasi program yang mempunyai cakupan luas untuk menetapkan & mencapai tujuan organisasi serta mengimplementasikan misi organisasi
• Mengenai apa yang dilaksanakan oleh organisasi? pola tanggapan organisasi terhadap keadaan lingkungan secara terus menerus

STRATEGI (KARAKTERISTIK)
• Horizon waktu (waktu cukup panjang segi keberlakuannya maupun dari dampak terhadap keadaan perusahaan)
• Dampak (berpengaruh terhadap hampir semua fungsi dalam organisasi)
• Konsentrasi Usaha (membutuhkan konsentrasi suatu usaha, kegiatan atau perhatian tertentu)
• Pola Keputusan (pilihan strategi akan membutuhkan suatu rangkaian keputusan yang diikuti oleh semua tingkatan organisasi dalam suatu pola yang konsisten)

PROSES MANAJEMEN PENGENDALIAN
• Proses yang digunakan untuk menjamin bahwa aktivitas yang dilaksanakan sesuai dengan aktivitas yang direncanakan
• Mengukur kemajuan kegiatan terhadap tujuan dan memungkinkan untuk mendeteksi penyimpangan dari perencanaan secara tepat waktu dan mengambil tindakan perbaikan

PENGENDALIAN DEFINISI (MOCKLER)
• Suatu upaya yang sistematik:
Menetapkan standar prestasi dengan sasaran perencanaan,
Merancang sistem umpan balik informasi,
Membandingkan prestasi sesungguhnya dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya,
Menentukan apakah ada penyimpangan,
Mengukur signifikansi dari penyimpangan tersebut,
Mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan,
Menjamin semua sumber daya perusahaan telah digunakan dengan cara yang paling efektif & efesien dalam mencapai sasaran perusahaan

PROSES PENGENDALIAN (1)
• Penetapan standar & metoda untuk pengukuran prestasi
• Pelaksanaan pengukuran prestasi
• Evaluasi prestasi sesuai dengan standar
• Pengambilan tindakan perbaikan jika prestasi berada di bawah standar

ASPEK PENGENDALIAN (1)
• Jenis standar (ukuran):
Standard performance masa lalu, kelemahan: perubahan pada masa yang akan datang, sulit diterapkan
External Standard: diluar perusahaan
Engineering Standard: standar yang ditentukan oleh pembuat mesin
Productivity Standard: standar yang ditentukan berdasarkan times and motion study
Subjective Standard: standar yang ditentukan oleh atasan dengan menggunakan judgement

ASPEK PENGENDALIAN (2)
• Jumlah standar harus optimal: tidak terlalu rumit dan longgar
• Wewenang untuk menentukan standar: Siapa yang menentukan standar, bila atasan yang menentukan standar yang tidak realistis sehingga dapat menurunkan motivasi bawahan
• Fleksibilitas standar: Harus dapat mengakomodasikan perubahan, standar memiliki ciri yang hampir sama untuk semua unit organisasi

ASPEK PENGENDALIAN (3)
• Frekuensi pengukuran:Sesuai dengan karakteristik proses: siklus pendek maka frekuensi pengukuran harus tinggi
• Arah umpan baik: harus diberikan kepada orang atau unit organisasi

EFEKTIFITAS PENGENDALIAN KARAKTERISTIK
• Informasi memiliki ketelitian yang cukup baik, sehingga bisa diambil tindakan koreksi yang tepat
• Informasi harus tepat waktu & relevan
• Informasi harus mudah dimengerti & bersifat objektif
• Fokus pada tindakan koreksi yang dapat diterapkan secara efektif
• Memperhatikan aspek ekonomi & efesiensi
• Sesuai dengan organisasi yang berlaku saat ini

sumber :
Proses Manajemen Perencanaan & Pengendalian Laboratorium Sistem Produksi www.lspitb.org
TI-3252: Perancangan Organisasi

No comments:

Post a Comment